Resume Buku Pengembangan Kurikulum PAI BAB 9
BAB IX
PENGEMBANGAN SILABUS, RPP
BERBASIS KTSP
Siti Nafisah
NPM: 17210030
PAI A-6
STAI AL-MUSADDADIYAH GARUT
Dosen: Ceceng Salamudin, M.Ag
A.
Pengembangan
Silabus
1. Pengertian
Silabus
Silabus adalah rencana pembelajaran
pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar
kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran,
indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus
merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi
pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi
untuk penilaian.
2. Prinsip
Pengembangan Silabus
Dalam
pengembangan silabus, harus memegang prinsip-prinsip sebagai berikut:
a. Ilmiah,
Artinya keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus
benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.
b. Relevan.
Artinya cakupan, kedalaman,
tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan
tingkat perkembangan fisik, intelektual. sosial, emosional, dan spiritual
peserta didik
c. Sistmatis.
Artinya komponen-komponen
silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
d. Konsisten.
Artinya Adanya hubungan
yang konsisten antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok. pengalaman
belajar, sumber belajar dan sistem penilaian.
e. Memadai.
f.
Actual dan konstektual. Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman
belajar, sumber belajar. dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian
kompetensi dasar.
g.
Fleksibel. Keseluruhan komponen silabus dapat
mengakomodasikan keragaman peserta didik, pendidik, serta dinamika perubahan
yang terjadi di madrasah dan tuntutan masyarakat.
h.
Menyeluruh. Menyeluruh Komponen silabus mencakup
keseluruhan ranah kompetensi (kognitif afektif, psikomotor).
3. Langkah-Langkah
Pengembangan Silabus
Langkah-langkah
yang harus diperhatikan dalam penyusunan silabus adalah
a. Mengembangkan
Indikator
Indikator
merupakan penjabaran dari kompetensi dasar yang menunjuk- kan tanda-tanda,
perbuatan dan atau respon yang dilakukan atau ditampilkan oleh peserta didik.
Indikator dirumuskan sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan, potensi
daerah dan peserta didik dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang
terukur dan atau dapat diobservasi. Indikator digunakan sebagai dasar dalam menyusun
alat penilaian.
b. Mengidentifikasi
Materi Pokok/Ajar
Materi pokok
merupakan bagian dari struktur keilmuan suatu bahan kajian yang berupa bidang
ajar, proses, ketrampilan, konteks, dan atau pengertian konseptual.
c. Mengembangkan
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
pembelajaran adalah kegiatan fisik maupun mental yang dilakukan peserta didik
dalam berinteraksi dengan bahan ajar.
d. Pengalokasian
Waktu
Alokasi waktu
adalah waktu yang dibutuhkan untuk ketercapaian satu kompetensi dasar, dengan
memperhatikan: 1) Minggu efektif per semester 2) Alokasi waktu mata pelajaran
3) Jumlah kompetensi per semester.
e. Pengembangan
Penilaian
Penilaian
merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan
data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara
sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi keputusan. yang
bermakna dalam pengambilan
f.
Menentukan Sumber Atau
Bahan Ajar
1) sumber merupakan rujukan, referensi atau
literatur yang digunakan dalam penyusunan silabus atau pembelajaran.
2) Bahan adalah segala sesuatu yang
diperlukan dalam proses praktikum atau pembelajaran lain
3) Alat adalah segala sesuatu yang digunakan
dalam proses praktikum atau pembelajaran lain
4. Proses
Penyusunan Silabus
Dalam
proses penyusunan silabus harus ada:
a. Perencanaan.
Dalam perencanaan ini tim
pengembang harus mengumpulkan informasi dan referensi, serta mengidentifikasi,
serta mengidentifikasi sumber belajar termasuk nara sumber yang diperlukan
dalam pengembangan silabus. Pengumpulan informasi dan referensi dapat dilakukan
dengan memanfaatkan perangkat teknologi dan informasi, seperti komputer dan
internet.
b. Pelaksanaan
1. Menetapkan
format da nisi silabus
2. Merumuskan
kompetensi dasar
3. Menetapkan
hasil belajar
4. Menetapkan
indicator kompetensi
5. Menetapkan
materi pembelajaran
6. Menentukan
metode dan langkah pembelajaran
c.
Penilaian. Penilaian silabus harus dilakukan secara
berkala dan berkesinambungan, dengan menggunakan model-model penilaian.
Penilaian dalam proses pembelajaran sangat penting. Penilaian menyangkut
segenap sistematik (terencana dan teratur) untuk menentukan sejauh mana guru
telah berhasil dalam melaksanakan pembelajaran.
d.
Revisi. Draf silabus yang telah dikembangkan perlu
diuji kelayakannya melalui analisis kualitas silabus, penilaian ahli dan uji
lapangan. Berdasarkan hasil uji kelayakan kemudian dilakukan revisi. Revisi ini
pada hakikatnya perlu dilakukan secara kontinyu dan berkesinambungan, sejak awal
penyusunan draf sampai silabus tersebut dilaksanakan dalam situasi belajar yang
sebenarnya. Revisi silabus harus dilakukan setiap saat, sebagai aktualisasi
dari peningkatan kualitas yang berkelanjutan (continuous quality improvement).
5. Format
Silabus Berbasis KTSP
Format
silabus berbasis ktsp mencakup:
a. Kompetensi
dasar
b. Materi
pokok/pelajaran
c. Kegiatan
pembelajaran
d. Indicator
e. Penilaian
f.
Alokasi waktu
g. Sumber
belajar
B.
Pengembangan
RPP
1. Pengertian
RPP
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian
pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar
Isi dan dijabarkan dalam silabus.
Menurut
Permendikbud Nomor 65 tahun 2013 tentang standar proses, rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP) merupakan suatu rencana kegiatan pembelajaran tatap muka
untuk satu pertemuan ataupun lebih
2. Prinsip
Pengembangan RPP
a. Kompetensi
yang dirumuskan dalam RPP harus jelas
b. RPP
harus sederhana dan fleksibel
c. Kegiatan
yang disusun dan dikembangkan dalam RPP harus menunjang dan sesuai dengan
kompetensi dasar yang akan diwujudkan
d. RPP
yang dikembangkan harus utuh dan menyeluruh serta jelas pencapaiannya
e. Harus
ada koordinasi antara komponen pelaksana program di sekolah.
3. Langkah-Langkah
Pengembangan RPP
a. Mengidentifikasi dan mengelompokkan
kompetensi yang ingin dicapai setelah proses pembelajaran. Kompetensi yang
dikembangkan harus mengandung muatan yang menjadi materi standar, yang dapart
diidentifikasi berdasarkan kebutuhan peserta didik, kebutuhan masyarakat, ilmu
pengetahuan, dan filsafat. Identifikasi kompetensi perlu dilakukan dengan baik
dan benar, karena kesalahan dalam mengidentifikasi kompetensi dapat mengaburkan
makna dan hakekat pembelajaran.
b. Mengembangakn
materi standar. Materi standar
merupakan bahan pembelajaran berkenaan dengan jawaban atas, "Apa yang
harus dipelajari olch peserta didik untuk membentuk kompetensi?". Materi
standar merupakan isi kurikulum yang diberikan kepada peserta didik dalam
proses pembelajaran, dan pembentukan kompetensi.
c. Menyusun
RPP adalah menentukan metode. Penentuan
metode pembelajaran erat kaitannya dengan pemilihan strategi pembelajaran yang
paling efisien dan efektif dalam memberikan kegiatan pembelajaran yang
diperlukan untuk membentuk kompetensi dasar. Dalam setiap pembelajaran dan
pembentukan kompetensi guru dapat menggunakan berbagai variasi metode, dan
berbagai variasi media untuk mencapai tujuan pembelajaran.
d. Merencanakan
penilaian. Penilaian
pembelajaran dimaksudkan untuk mengetahui tercapai tidaknya pembelajaran yang
telah dilaksanakan, yang mencakup semua komponen pembelajaran, baik proses
maupun hasilnya.
4. Cara
Penyusunan RPP
a. Mengisi
kolom identitas
b. Menentukan
alokasi waktu yang dibutuhkan untuk pertemuan yang telah ditetapkan
c. Menentukan
SK, KD dan indicator yang akan digunakan
d. Merumuskan
tujuan pembelajaran
e. Mengidentifikasi
materi standar
f.
Menentukan metode
pembelajaran
g. Merumuskan
langkah-langkah pembelajaran
h. Menentukan
sumber belajar
i.
Menyusun kriteria
penilaian, lembar pengamatan, contoh soal dan teknik penskoran
5. Format
RPP berbasis KTSP
Format
RPP KTSP sekurang-kurangnya memuat KD, Indikator, tujuan pembelajaran, materi
ajar, metode pembelajaran, langkah pembelajaran, sumber belajar dan penilaian
hasil belajar.
Komentar
Posting Komentar