Resume Buku Pengembangan Kurikulum PAI BAB 9


BAB IX

PENGEMBANGAN SILABUS, RPP BERBASIS KTSP


Siti Nafisah

NPM: 17210030

PAI A-6

STAI AL-MUSADDADIYAH GARUT

Dosen: Ceceng Salamudin, M.Ag

 

            A.    Pengembangan Silabus

1.      Pengertian Silabus

Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.

2.      Prinsip Pengembangan Silabus

Dalam pengembangan silabus, harus memegang prinsip-prinsip sebagai berikut:

a.       Ilmiah, Artinya keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.

b.      Relevan. Artinya cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual. sosial, emosional, dan spiritual peserta didik

c.       Sistmatis. Artinya komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.

d.      Konsisten. Artinya Adanya hubungan yang konsisten antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok. pengalaman belajar, sumber belajar dan sistem penilaian.

e.       Memadai.

f.        Actual dan konstektual. Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar. dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.

g.      Fleksibel. Keseluruhan komponen silabus dapat mengakomodasikan keragaman peserta didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di madrasah dan tuntutan masyarakat.

h.      Menyeluruh. Menyeluruh Komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi (kognitif afektif, psikomotor).

3.      Langkah-Langkah Pengembangan Silabus

Langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam penyusunan silabus adalah

a.       Mengembangkan Indikator

Indikator merupakan penjabaran dari kompetensi dasar yang menunjuk- kan tanda-tanda, perbuatan dan atau respon yang dilakukan atau ditampilkan oleh peserta didik. Indikator dirumuskan sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan, potensi daerah dan peserta didik dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan atau dapat diobservasi. Indikator digunakan sebagai dasar dalam menyusun alat penilaian.

b.      Mengidentifikasi Materi Pokok/Ajar

Materi pokok merupakan bagian dari struktur keilmuan suatu bahan kajian yang berupa bidang ajar, proses, ketrampilan, konteks, dan atau pengertian konseptual.

c.       Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran adalah kegiatan fisik maupun mental yang dilakukan peserta didik dalam berinteraksi dengan bahan ajar.

d.      Pengalokasian Waktu

Alokasi waktu adalah waktu yang dibutuhkan untuk ketercapaian satu kompetensi dasar, dengan memperhatikan: 1) Minggu efektif per semester 2) Alokasi waktu mata pelajaran 3) Jumlah kompetensi per semester.

e.       Pengembangan Penilaian

Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi keputusan. yang bermakna dalam pengambilan

f.        Menentukan Sumber Atau Bahan Ajar

1)      sumber merupakan rujukan, referensi atau literatur yang digunakan dalam penyusunan silabus atau pembelajaran.

2)      Bahan adalah segala sesuatu yang diperlukan dalam proses praktikum atau pembelajaran lain

3)      Alat adalah segala sesuatu yang digunakan dalam proses praktikum atau pembelajaran lain

4.      Proses Penyusunan Silabus

Dalam proses penyusunan silabus harus ada:

a.       Perencanaan. Dalam perencanaan ini tim pengembang harus mengumpulkan informasi dan referensi, serta mengidentifikasi, serta mengidentifikasi sumber belajar termasuk nara sumber yang diperlukan dalam pengembangan silabus. Pengumpulan informasi dan referensi dapat dilakukan dengan memanfaatkan perangkat teknologi dan informasi, seperti komputer dan internet.

b.      Pelaksanaan

1.      Menetapkan format da nisi silabus

2.      Merumuskan kompetensi dasar

3.      Menetapkan hasil belajar

4.      Menetapkan indicator kompetensi

5.      Menetapkan materi pembelajaran

6.      Menentukan metode dan langkah pembelajaran

c.       Penilaian. Penilaian silabus harus dilakukan secara berkala dan berkesinambungan, dengan menggunakan model-model penilaian. Penilaian dalam proses pembelajaran sangat penting. Penilaian menyangkut segenap sistematik (terencana dan teratur) untuk menentukan sejauh mana guru telah berhasil dalam melaksanakan pembelajaran.

d.      Revisi. Draf silabus yang telah dikembangkan perlu diuji kelayakannya melalui analisis kualitas silabus, penilaian ahli dan uji lapangan. Berdasarkan hasil uji kelayakan kemudian dilakukan revisi. Revisi ini pada hakikatnya perlu dilakukan secara kontinyu dan berkesinambungan, sejak awal penyusunan draf sampai silabus tersebut dilaksanakan dalam situasi belajar yang sebenarnya. Revisi silabus harus dilakukan setiap saat, sebagai aktualisasi dari peningkatan kualitas yang berkelanjutan (continuous quality improvement).

5.      Format Silabus Berbasis KTSP

Format silabus berbasis ktsp mencakup:

a.       Kompetensi dasar

b.      Materi pokok/pelajaran

c.       Kegiatan pembelajaran

d.      Indicator

e.       Penilaian

f.        Alokasi waktu

g.      Sumber belajar

 

           B.     Pengembangan RPP

1.      Pengertian RPP

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus.

Menurut Permendikbud Nomor 65 tahun 2013 tentang standar proses, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) merupakan suatu rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan ataupun lebih

2.      Prinsip Pengembangan RPP

a.       Kompetensi yang dirumuskan dalam RPP harus jelas

b.      RPP harus sederhana dan fleksibel

c.       Kegiatan yang disusun dan dikembangkan dalam RPP harus menunjang dan sesuai dengan kompetensi dasar yang akan diwujudkan

d.      RPP yang dikembangkan harus utuh dan menyeluruh serta jelas pencapaiannya

e.       Harus ada koordinasi antara komponen pelaksana program di sekolah.

3.      Langkah-Langkah Pengembangan RPP

a.       Mengidentifikasi dan mengelompokkan kompetensi yang ingin dicapai setelah proses pembelajaran. Kompetensi yang dikembangkan harus mengandung muatan yang menjadi materi standar, yang dapart diidentifikasi berdasarkan kebutuhan peserta didik, kebutuhan masyarakat, ilmu pengetahuan, dan filsafat. Identifikasi kompetensi perlu dilakukan dengan baik dan benar, karena kesalahan dalam mengidentifikasi kompetensi dapat mengaburkan makna dan hakekat pembelajaran.

b.      Mengembangakn materi standar. Materi standar merupakan bahan pembelajaran berkenaan dengan jawaban atas, "Apa yang harus dipelajari olch peserta didik untuk membentuk kompetensi?". Materi standar merupakan isi kurikulum yang diberikan kepada peserta didik dalam proses pembelajaran, dan pembentukan kompetensi.

c.       Menyusun RPP adalah menentukan metode. Penentuan metode pembelajaran erat kaitannya dengan pemilihan strategi pembelajaran yang paling efisien dan efektif dalam memberikan kegiatan pembelajaran yang diperlukan untuk membentuk kompetensi dasar. Dalam setiap pembelajaran dan pembentukan kompetensi guru dapat menggunakan berbagai variasi metode, dan berbagai variasi media untuk mencapai tujuan pembelajaran.

d.      Merencanakan penilaian. Penilaian pembelajaran dimaksudkan untuk mengetahui tercapai tidaknya pembelajaran yang telah dilaksanakan, yang mencakup semua komponen pembelajaran, baik proses maupun hasilnya.

4.      Cara Penyusunan RPP

a.       Mengisi kolom identitas

b.      Menentukan alokasi waktu yang dibutuhkan untuk pertemuan yang telah ditetapkan

c.       Menentukan SK, KD dan indicator yang akan digunakan

d.      Merumuskan tujuan pembelajaran

e.       Mengidentifikasi materi standar

f.        Menentukan metode pembelajaran

g.      Merumuskan langkah-langkah pembelajaran

h.      Menentukan sumber belajar

i.        Menyusun kriteria penilaian, lembar pengamatan, contoh soal dan teknik penskoran

5.      Format RPP berbasis KTSP

Format RPP KTSP sekurang-kurangnya memuat KD, Indikator, tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pembelajaran, langkah pembelajaran, sumber belajar dan penilaian hasil belajar.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Naskah Pembawa Acara Bahasa Sunda

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN NILAI PADA LINGKUNGAN KELUARGA, LINGKUNGAN SEKOLAH DAN LINGKUNGAN MASYARAKAT (TRI PUSAT PENDIDIKAN)

Biografi dan Pemikiran Howard Gardner