Resume Buku Pengembangan Kurikulum PAI BAB 10
A.
Pentingnya
Perubahan Kurikulum PAI 2013
Kurikulum
2006 atau yang dikenal dengan KTSP dikembangkan menjadi kurikulum 2013 didasari
pemikiran tentang tantangan masa depan, persepsi masyarakat, perkembangan
pengetahuan dan pedagogic, kompetensi masa depan dan fenomena negatif.
Berkaitan
dengan perubahan kurikulum E. Mulyasa menyarankan bahwa dalam perubahan
kurikulum berbagai pihak menganalisis dan melihat perlunya diterapkan
kurikulum.
Perubahan kurikulum sangat penting
dilakukan sebagai upaya mempersiapkan peserta didik yang tangguh dalam
menghadapi tantangan zaman, yang dapat memecahkan persoalan bangsa. Strategi
yang digunakan dalam sosialisasi kutikulum 2013 dengan cara menginformasikan
kebijakan implementasi kurikulum 2013 bagi guru kepada DPR, DPRD, Gubernur,
Bupati/Wali kota, Dewan Pendidikan, Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota
dan masyarakat serta pelatihan kurikulum 2013 kepada guru, kepala sekolah dan
pengawas.
B. Karakteristik
Kurikulum PAI
Kurikulum
2006 (KTSP) dikembangkan menjadi kurikulum 2013 dengan dilandasi pemikiran
tantangan masa depan yaitu tantangan abad ke-21 yang ditandai dengan abad ilmu
pengetahuan, knowledge-based society dan kompetensi masa depan. “kurikulum 2013
disusun untuk menyempurnakan kurikulum sebenarnya dengan pendekatan belajar
aktif berdasarkan nilai-nilai agama dan budaya bangsa.
Pada kurikulum 2013, dikembangkan dua
modus proses pembelajaran yaitu proses secara langsung dan proses pembelajaran
tidak langsung. Proses pembelajaran langsung adalah proses pendidikan yang
dimana peserta didik mengembangkan pengetahuan, kemampuan berfikir dan
keterampilan psikomotorik melalui interaksi langsung dengan sumber belajar yang
dirancang dalam silabus dan RPP berupa kegiatan-kegiatan pembelajaran.
Pembelajaran tidak langsung adalah proses pendidikan yang terjadi selama proses
pembelajaran langsung tetapi tidak dirancang dalam kegiatan khusus. Proses
pembelajaran tidak langsung berkenaan dengan pengembangan nilai dan sikap.
C. Perbedaan
KTSP dengan kurikulum PAI 2013
1.
Secara
umum tema pengembangan kurikulum 2013 adalah menghasilkan insan Indonesia yang
produktif, kreatif, inovatif dan afektif. Pencapaian perwujudan tema ini
ditempuh melalui penguatan sikap, keterampilan dan pengetahuan yang dijabarkan
dalam kompetensi inti dan kompetensi dasar.
2.
Pendidikan
agama islam sebagai bagian dari kurikulum 2013 memiliki peran yang sangat
penting berkenaan dengan pendidikan karakter sebagi tujuannya.sebagai
integrator maka PAI menghimpun kompetensi pengetahuan, sistem nilai dan
kompetensi keterampilan yang diaktualisasikan dalam sikap atau watak islami.
3.
Sekalipun
diterbitkan oleh puskubruk kemdiknas, isi kurikulum PAI 2013 dibuat oleh
kemenag RI berdasarkan keputusan menteri agama no 211 tahun 2011 tentang
pedoman pengembangan standar nasional pendidikan agama islam pada sekolah.
4.
Menilik
bentuknya, perbedaan kurikulum PAI pada KTSP dan kurikulum 2013 misalnya
terdapat pada pemakaian istilah kompetensi inti untuk menggantikan SK, tidak
dipilah per aspek (Al-Quran, akidah akhlak, fiqh, SKI) artinya PAI diajarkan
sebagai satu kesatuan dan tidak dipilah persemester tetapi pertahun.
Pelaksanaan evaluasi semester diserahkan kepada sekolah untuk mengaturnya.
Komentar
Posting Komentar