Resume Buku Pengembangan Kurikulum PAI BAB 10

BAB 10

KURIKULUM 2013 

           A.    Pentingnya Perubahan Kurikulum PAI 2013

Kurikulum 2006 atau yang dikenal dengan KTSP dikembangkan menjadi kurikulum 2013 didasari pemikiran tentang tantangan masa depan, persepsi masyarakat, perkembangan pengetahuan dan pedagogic, kompetensi masa depan dan fenomena negatif.

Berkaitan dengan perubahan kurikulum E. Mulyasa menyarankan bahwa dalam perubahan kurikulum berbagai pihak menganalisis dan melihat perlunya diterapkan kurikulum.

Perubahan kurikulum sangat penting dilakukan sebagai upaya mempersiapkan peserta didik yang tangguh dalam menghadapi tantangan zaman, yang dapat memecahkan persoalan bangsa. Strategi yang digunakan dalam sosialisasi kutikulum 2013 dengan cara menginformasikan kebijakan implementasi kurikulum 2013 bagi guru kepada DPR, DPRD, Gubernur, Bupati/Wali kota, Dewan Pendidikan, Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota dan masyarakat serta pelatihan kurikulum 2013 kepada guru, kepala sekolah dan pengawas.

 

           B.     Karakteristik Kurikulum PAI

Kurikulum 2006 (KTSP) dikembangkan menjadi kurikulum 2013 dengan dilandasi pemikiran tantangan masa depan yaitu tantangan abad ke-21 yang ditandai dengan abad ilmu pengetahuan, knowledge-based society dan kompetensi masa depan. “kurikulum 2013 disusun untuk menyempurnakan kurikulum sebenarnya dengan pendekatan belajar aktif berdasarkan nilai-nilai agama dan budaya bangsa.

Pada kurikulum 2013, dikembangkan dua modus proses pembelajaran yaitu proses secara langsung dan proses pembelajaran tidak langsung. Proses pembelajaran langsung adalah proses pendidikan yang dimana peserta didik mengembangkan pengetahuan, kemampuan berfikir dan keterampilan psikomotorik melalui interaksi langsung dengan sumber belajar yang dirancang dalam silabus dan RPP berupa kegiatan-kegiatan pembelajaran. Pembelajaran tidak langsung adalah proses pendidikan yang terjadi selama proses pembelajaran langsung tetapi tidak dirancang dalam kegiatan khusus. Proses pembelajaran tidak langsung berkenaan dengan pengembangan nilai dan sikap.

 

            C.    Perbedaan KTSP dengan kurikulum PAI 2013

1.      Secara umum tema pengembangan kurikulum 2013 adalah menghasilkan insan Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif dan afektif. Pencapaian perwujudan tema ini ditempuh melalui penguatan sikap, keterampilan dan pengetahuan yang dijabarkan dalam kompetensi inti dan kompetensi dasar.

2.      Pendidikan agama islam sebagai bagian dari kurikulum 2013 memiliki peran yang sangat penting berkenaan dengan pendidikan karakter sebagi tujuannya.sebagai integrator maka PAI menghimpun kompetensi pengetahuan, sistem nilai dan kompetensi keterampilan yang diaktualisasikan dalam sikap atau watak islami.

3.      Sekalipun diterbitkan oleh puskubruk kemdiknas, isi kurikulum PAI 2013 dibuat oleh kemenag RI berdasarkan keputusan menteri agama no 211 tahun 2011 tentang pedoman pengembangan standar nasional pendidikan agama islam pada sekolah.

4.      Menilik bentuknya, perbedaan kurikulum PAI pada KTSP dan kurikulum 2013 misalnya terdapat pada pemakaian istilah kompetensi inti untuk menggantikan SK, tidak dipilah per aspek (Al-Quran, akidah akhlak, fiqh, SKI) artinya PAI diajarkan sebagai satu kesatuan dan tidak dipilah persemester tetapi pertahun. Pelaksanaan evaluasi semester diserahkan kepada sekolah untuk mengaturnya.

 

 

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Naskah Pembawa Acara Bahasa Sunda

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN NILAI PADA LINGKUNGAN KELUARGA, LINGKUNGAN SEKOLAH DAN LINGKUNGAN MASYARAKAT (TRI PUSAT PENDIDIKAN)

Biografi dan Pemikiran Howard Gardner