Resume Buku Pengembangan Kurikulum PAI BAB 11
BAB IX
PENILAIAN PAI DALAM
IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
Siti Nafisah
NPM: 17210030
PAI A-6
STAI AL-MUSADDADIYAH GARUT
Dosen: Ceceng Salamudin, M.Ag
A.
Penilaian
Pembelajaran
Penilaian artinya menilai sesuatu. Penilaian
dalam pendidikan merupakan salah satu upaya utuk mengetahui kemajuan dan
perkembangan serta keberhasilan siswa setelah melaksanakan kegiatan belajar
dalam jangka waktu tertentu. Sehingga dapat dipahami bahwa penilaian adalah
upaya untuk menentukan sikap atau proses untuk menentukan keputusan. Keputusan
yang ditetapkan berdasar hasil dari kegiatan pengukuran.
B.
Model
Penilaian Pembelajaran PAI dalam Kurikulum 2013
Kriteria yang perlu diperhatikan dalam
penilaian PAI antara lain sebagai berikut:
1. Penilaian
dapat dilakukan melalui tes dan non tes.
2. Penilaian
harus mencakup aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap.
3. Menggunakan
berbagai cara penilaian pada waktu kegiatan belajar sedang berlangsung.
4. Pemilihan
alat dan jenis penilaian berdasarkan rumusan tujuan pembelajaran.
5. Mengacu
pada tujuan dan fungsi penilaian, misalnya pemberian umpan balik, pemberian
informasi kepada siswa tingkat keberhasilan belajarnya, memberikan laporan
kepada orang tua.
6. Alat
penilaian harus mendorong kemampuan penalaran dan kreativitas.
7. Mengacu
pada prinsip diferensi, yakni memberikan peluang kepada siswa untuk menunjukan
apa yang diketahui, dipahami dan mampu dilakukan.
8. Tidak
bersikap diskriminasi, yakni memberikan peluang yang adil kepada semua siswa.
Untuk melaksanakan penilaian PAI dalam Kurikulum
2013, diperlukan Teknik penilaian dan ujian yang tepat. Sebagaimana menurut E.
Mulyasa bahwa kualitas pembelajaran dapat dilihat juga dari segi proses dan
dari segi hasil. Sedangkan dari segi proses, pembelajarandikatakan berhasil dan
berkualitas apabila seluruhnya atau setidak-tidaknya sebagian besar 80% peserta
didik terlibat secara aktif. Adapun dari segi hasil, proses pembelajaran
dikatakan berhasil jika terjadi perubahan perilaku yang positif pada diri
peserta didik seluruhnya atau setidak-tidaknya sebagian besar 80%.
Adapun faktor-faktor yang diperhitungkan
dalam penilaian PAI antara lain sebagai berikut:
1. Prestasi
atau pencapaian
Nilai prestasi harus mencerminkan
tingkatan-tingkatan siswa sejauh mana telah dapat mencapai tujuan yang
ditetapkan di setiap bidang studi.
2. Usaha
(Effort)
Nilai usaha biasanya sering diabaikan oleh
guru. Nilai usaha dianggap lebih rendah daripada nilai-nilai yang lain.
3. Aspek
pribadi dan social (Personal and social
characteristics)
Unsur ini juga perlu dilaporkan terutama
yang berhubungan dengan berlangsungnya proses belajar mengajar.
4. Kebiasaan
bekerja (Working Habits)
Maksudnya adalah hal-hal yang berhubungan
dengan kebiasaan tugas baik di rumah maupun di sekolah.
C.
Prinsip
Penilaian Kurikulum 2013
Terdapat beberapa prinsip yang harus
diperhatikan dalam proses penilaian kelas, antara lain sebagai berikut:
1. Memandang
penilaian dan kegiatan pembelajaran secara menyeluruh dan terpadu
2. Menegmbangkan
strategi yang mendorong dan memperkuat penilaian sebagai cermin diri
3. Melakukan
berbagai strategi model dan Teknik penilaian dalam program pembelajaran untuk
menyediakan berbagai jenis informasi tentang hasil belajar peserta didik
4. Mempertimbangkan
berbagai kebutuhan khusus peserta didik
5. Mengembangkan
dan menyediakan system pencatatan yang bervariasi dalam kegiatan belajar
mengajar
6. Menggunakan
metode atau Teknik, cara serta alat yang bervariasi
7. Melakukan
penilaian kelas secara berkesinambungan untuk memantau proses, kemajuan dan
perbaikan hasil belajar.
D.
Pengembangan
Instrumen Penilaian
1. Pengembangan
Tes
Fungsi utama tes prestasi dikelas adalah
mengukur prestasi belajar siswa. Selain itu juga membantu guru dalam memberikan
nilai yang valid dan lebih realibel. Dalam evaluasi hasil belajar dikenal
beberapa macam tes diantaranya tes formatif dan sumatif. Penilaian formatif
bertujuan untuk mencari feedback yang selanjutnya hasil penilaian tersebut
dapat digunakan untuk memperbaiki proses belajar mengajar yang sedang atau
sudah dilaksanakan. Penilaian sumatif adalah penilaian yang dilakukan
untuk memperoleh data atau informasi
sampai dimana penguasaan atau pencapaian belajar siswa terhadap bahan pelajaran
yang telah dipelajarinya selama jangka waktu tertentu.
Tes sebagai alat pengukur perkembangan dan
kemajuan belajar peserta didik, apabila ditinjau dari segi bentuk soalnya dapat
dibedakan menjadi dua macam, yaitu: tes hasil belajar bentuk uraian dan tes
hasil belajar bentuk obyektif.
2. Pengembangan
Instrumen Psikomotor
Gagne (1977) mengatakan bahwa kondisi yang
dapat mengoptimalkan hasil belajar psikomotor adalah faktor internal dan
eksternal. Faktor internal dapat dilakukan dengan cara:
a.
Meningkatkan kembali sub-sub ketrampilan
yang sudah dipelajari
b. Mengingatkan
kembali prosedur-prosedur atau langkah gerakan yang dikuasainya
Adapun
faktor eksternal dapat dilakukan dengan cara:
a.
Intruksi verbal
b.
Menggambar
c.
Demonstrasi
d.
Praktik
e.
Umpan balik
Pada umumnya, baik lembar observasi atau
lembar penilaian terdiri atas tiga bagian yaitu persiapan, pelaksanaan dan
penyelesaian.
a.
Menyusun rencana penilaian
b.
Penyusunan kisi-kisi
c.
Menyusun instrument psikomotor
3. Pengembangan
Instrumen Afektif
Menurut Andersen, ada 2 metode yang dapat
digunakan untuk mengukur aspek afektif yaitu meode obsevasi dan lampiran.
Sedangkan menurut Lwein mengatakan bahwa perilaku seseorang merupakan fungsi
dari watak dan karakteristik lingkungan saat perilaku atau perbuatan
ditampilkan.
Langkah
dalam mengembangkan aspek afektif antara lain:
a.
Menentukan spesifikasi instrument
b.
Menulis instrument
c.
Skala instrument
d.
System penskoran
e.
Telaah instrument
f.
Merakit instrument
g.
Uji coba instrument
h.
Analisis hasil uji coba
i.
Perbaikan instrument
j.
Kegiatan pengukuran
k.
Penafsiran hasil pengkuran
E.
Teknik
Penilaian Pada Tingkat Satuan Pendidikan
1. Teknik
Penilaian Unjuk Kerja
Teknik penilaian unjuk kerja merupakan
proses penilaian yang dilakukan dengan mengamati kegiatan peserta didik dalam
melakukan suatu hal.
Penilaian unjuk kerja ini diukur melalui elemen-elemen
sebagai berikut:
a. Kualitas
penyelesaian kerja
b. Keterampilan
menggunakan alat-alat
c. Keterampilan
menganalisis dan merencanakan prosedur kerja sampai selesai.
d. Kemampuan
mengambil keputusan
e. Kemampuan
mebaca, menggunakan diagram, gambar-gambar dan symbol-simbol.
2. Teknik
Penilaian Project Work
Teknik Penilaian Project Work merupakan
kegiatan penilaian terhadap suatu tugas yang mencakup beberapa kompetensi yang
harus diselesaikan oleh peserta didik dalam periode atau waktu tertentu.
3. Penilaian
tertulis
Penilaian tertulis dapat dibedakan menjadi
2 macam antara lain sebagai berikut:
a.
Bentuk penilaian uraian
b.
Bentuk penilaian objectif test
4. Penalaian
produk
Penilaian Produk merupakan penilaian
terhadap proses pembuatan dan kualitas suatu produk. Ada 3 tahapan yang harus
diperhatikan dalam penilaian ini yaitu:
a.
Tahap persiapan
b.
Tahap produksi
c.
Tahap penilaian
5. Penilaian
Portofolio
Penilaian portofolio merupakan proses
penilaian yang berkelanjutan yang didasarkan pada kumpulan informasi yang
menunjukan perkembangan kemampuan khususnya aspek psikomotor.
6. Penilaian
Sikap
Dalan
penilaian sikap terdapat teknik yang dapat dilakukan diantaranya:
a. Observasi
perilaku
b. Pertanyaan
langsung
c. Laporan
pribadi
d. Penggunaan
skala sikap
7. Penilaian
Diri
Penilaian diri merupakan teknik penilaian
dimana peserta didik diminta untuk menilai dirinya sendiri berkaitan dengan
status, proses, dan tingkat pencapaian kompetensi yang dipelajarinya.
F.
Langkah-Langkah
Penilaian
1. Penetapan
Indikator Hasil Belajar
Indicator merupakan ukuran, karakteristik,
ciri-ciri pembuatan atau proses yang kompetensi dasar. Indicator-indikator
pencapaian hasil belajar dari setiap kompetensi dasar merupakan acuan yang
digunakan untuk melakukan penilaian.
2. Pemetaan
standar kompetensi, kompetensi dasar, indicator dan teknik penilaian
Proses pemetaan ini dikenal dengan istilah
pengembangan silabus, yang kemudian dijabarkan lagi secara terperinci dalam
format rencana pembelajaran dan penilaian (RPP).
3. Penetapan
teknik penilaian
Apabila aspek pencapian indicator menuntut
untuk melakukan sesuatu maka teknik dan metode penilaian menggunakan pendekatan
unjuk kerja.
G.
Pengolahan
Data Hasil Penilaian
1. Data
penilaian untuk kerja
Data penilaian unjuk kerja adalah skor
yang diperoleh dari pengamatan yang dilakukan terhadap penampilan peserta didik
dari suatu kompetensi.
2. Data
penilaian proyek
Data penilaian proyek meliputi skor yang
diperoleh oleh tahap-tahap perencanaan/ persiapan.
3. Data
penilaian tertulis
Adalah skor yang diperoleh peserta didik
dari hasl berbagai tes tertulis yang diikuti peserta didik.
4. Data
penilaian produk
Data penilaian produk diperoleh dari tiga
tahap yaitu tahap persiapan, tahap pembuatan dan tahap penilaian
5. Data
penilaian portfolio
Data penilaian peserta didik didasarkan
dari hasil kumpulan informasi yang telah dilakukan oleh peserta didik selama
pembelajaran berlangsung.
6. Data
penilaain sikap
Data penilaian sikap bersumber dari
catatan harian peserta didik berdasarkan pengamatan atau observasi guru mata
pelajaran.
7. Data
penilaian diri
Data penilaian diri adalah data yang
diperoleh dari hasil penilaian tentang kemampuan, kecakapan atau penguasaan
komponen tertentu yang dilakukan oleh peserta didik sendiri sesuai dengan
kriteria yang telah ditentukan.
H.
Program
Remedial, Pengayaan dan Akselerasi
1. Program
remedial, diberikan hanya untuk kompetensi dasar tertentu yang belum dikuasai
oleh peserta didik. Remedial dilakukan guru mata pelajaran untuk membantu
memberikan kemampuan dan mengatasi kemampuan dan kekurangan peserta didik. Remedial dilakukan maksimal 2 kali.
2. Program
pengayaan, dilakukan bagi peserta didik yang memiliki penguasaan kompetensi
lebih cepat dibandingkan peserta didik yang lain. Peserta didik yang
berprestasi perlu mendapat pengayaan agar dapat mengembangkan potensinya secara
optimal.
3. Program
akselerasi, diberkan secara alami bukan dalam kelas akselerasi dan diperuntukan
bagi peserta didik yang secara konsisten selalu mencapai kompetensi lebih cepat.
Komentar
Posting Komentar